Laporan Makalah tentang Microsoft PowerPoint

            
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjzBmx3FhJ0bKcVoA0YZVJjVYJmJcy5RvVMEe7ICK9OuYrhm3JRvGHZy0BK46wlx6-2IeI2QHQiVcVdNlUeclhZ7F6p3bipBo9ted2GcntbO0ka0VPV9pRRY0K-wVnVwuOjZwtuviXiXnt/s1600/ms+power+point.gif

APA ITU MICROSOFT POWER POINT?


             Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis Sistem Operasi Microsoft Windows dan juga Apple Manchitos yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. 

             Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.

SEJARAH PADA MICROSOFT POWER POINT

 
           Sejarah Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint. Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projektor(OHP). 

            Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran. Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Office 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition). Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2007 (PowerPoint 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi , versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi 



Fungsi menu dan Icon pada Ms. Power Point


 1.       HOME


Fungsi :
A                : (new slide) untuk menambahkan slide baru.
B             : (bold) memberikan efek tebal
C             : (italic) memberikan efek miring
D             : (underline)efek garis bawah pada tulisan.
E              : (shapes) untuk menambahkan bentuk.
F              : (arrange) untuk mengatur posisi bentuk.
G             : (quick styles)untuk memilih visualisasi gambar
H             : (shape effects) untuk memberi efek pada gambar atau bentuk
I               : (find) untuk mencari kata
J              : (shape fill) untuk mengisi warna pada gambar/bentuk


1    2.   INSERT




Fungsi :

A             : (Table) untuk memasukan tabel ke dalam project kita
B          : (Clip Art) untuk menyisipkan gambar dari galeri.
C          : (shapes) untuk menyisipkan bentuk-bentuk dasar (misal: garis, dialog box, smile, arrow, dll) yang   
               sebagian besar dapat diisi text pada bagian dalamnya.
D             : (Smart Art) untuk menyisipkan grafik Smart Art.
E              : (Hyperlink) untuk memberikan link ke e-mail, alamat web.
F              : (Text box) untuk menyisipkan text.
G             : (Header&Footer)untuk memnerikan header and footer.
H             : (Slide Number)untuk menyisipkan nomor slide.
I               : (movie) untuk menyisipkan gambar bergerak ( film, animasi ).
J              : (sound)untuk menyisipkan suara. 
1   3.   DESIGN



Fungsi:
A               : (Page Setup) untuk mengatur halaman
B           : (Slide orientation) untuk mengatur orientasi halaman
C           : (Effect) untuk mengatur effect theme
D           : (colors) untuk mengatur warna background.
E            : (Background styles) untuk  mengatur style background.
F            : (Hide background graphics) untuk menyembunyikan atau menampilkan background 

1   4.   ANIMATIONS

Fungsi :
A : (preview) untuk melihat hasil dari animasi yang anda berikan untuk slide Anda.
B : (Custom animation) memilih animasi secara manual.
C : (Transition Speed) Menyetting kecepatan slide show
D : (Apply to all) menggunakan setting ke semua slide.
E : (Transition Sound) Memilih suara untuk slide show.
F : (On mouse click) permulaan slide show setelah klik mouse. 
G : (Automatically after) jeda awalan slide show setelah klik mouse.


1  5.   SLIDE SHOW


Fungsi:
A : (From Beginning) Menampilkan Slide dari awal.
B : (From Current Slide) Menampilkan Slide dari posisi slide aktif
C : (Custom Slide Show) Menampilkan Slide yang dikehendaki
D : (Set Up Slide Show) Untuk mengatur tampilan slide 
E : (Hide Slide ) untuk Menyembunyikan Slide 
F : (Rehearse Timings) untuk Mengatur waktu tampilan
G : (Use Rehearse Timings)untuk Mengatur resolusi tampilan
H : (Record Narration) untuk Merekam Suara Narator 
1   6.   REVIEW




Fungsi :
A : (Spelling) pengecekan spelling dan grammar dalam dokumen.
B : (research) pencarian.
C : (thesaurus) Mencari kata yang artinya sama dengan yang di seleksi (sinonim).
D : (translate)untuk menterjemahkan.
E : (new comment) untuk memberi comment.
F : (edit comment) untuk mengedit/mengubah comment. 
G : (Protect presentation) untuk perlindungan terhadap dokumen.

1  7.   VIEW



Fungsi :
A : (normal) untuk menampilkan hasil presentasi secara normal.
B : (slide sorter) untuk menampilkan slide sorter
C : (notes) tampilan notes
D : (slide show)mulai ditampilkan.
E : (slide master) untuk membuka slide master.
F : (handout master) untuk membuka handout master. 
G : (notes master)untuk membuka notes master .
H : (new window) untuk membuka jendela baru yang berisi tampilan dari dokumen terpilih.
I   : (Switch Windows)untuk beralih/berpindah ke jendela lain.
J : (macros) untuk melihat daftar macro dari mana Anda dapat berjalan, membuat atau menghapus         makro.


0 komentar:

Posting Komentar