GERBANG LOGIKA




          Hello Sahabat Blogger’s,Gw mau ngepost neh tentang pengenalan Gerbang Logika atau dalam bahasa inggris nya Logic Gate.Sebelumnya saya pernah mempostingkan jenis jenis gerbang logika pada postingan pengenalan tentang software simulasi Digital Works bukan,Oke langsung ajah sob ke topic nya soalnya gw gg suka Bacod :v (Canda doank kok :v).

Apa sih gerbang logika itu ?
          Gerbang Logika adalah rangkaian dengan satu atau lebih dari satu sinyal masukan tetapihanya menghasilkan satu sinyal berupa tegangan tinggi atau tegangan rendah.Dikarenakan analisis gerbang logika dilakukan dengan Aljabar Boolean maka gerbang
logika sering juga disebut Rangkaian logika.Rangakaian logika sering kita temukan dalam sirkuit digital yang diimplemetasikan secara elekrtonik dengan menggunakan dioda atau transistor.

Gerbang Logika ada 7 yang dibagikan dalam 2 jenis ,berikut penjelasanya :

    1. Gerbang logika Inventer

  •  Gerbang Inverter (pembalik)
           merupakan gerbang logika dengan satu sinyal masukan dan
satu sinyal keluaran dimana sinyal keluaran selalu berlawanan dengan keadaan sinyal masukan.

           Inverter disebut juga gerbang NOT atau gerbang komplemen (lawan) disebabkan keluaran sinyalnya tidak sama dengan sinyal masukan.



    2.Gerbang logika Non-Inverter


           Berbeda dengan gerbang logika Inverter yang sinyal masukannya hanya satu untuk gerbang logika non-Inverter sinyal masukannya ada dua atau lebih sehingga hasil (output) sinyal keluaran sangat tergantung oleh sinyal masukannya dan gerbang logika yang dilaluinya
  •  Gerbang AND

          Gerbang AND mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Gerbang AND mempunyai sifat bila sinyal keluaran ingin tinggi (1)
maka semua sinyal masukan harus dalam keadaan tinggi (1).
  •  Gerbang OR

         Gerbang OR mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Gerbang OR mempunyai sifat bila salah satu dari sinyal masukan tinggi (1), maka sinyal keluaran akan menjadi tinggi (1) juga.
  •  Gerbang NAND (Not-AND)

         Gerbang NAND mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya
satu sinyal keluaran. Gerbang NAND mempunyai sifat bila sinyal keluaran ingin rendah (0) maka semua sinyal masukan harus dalam keadaan tinggi (1).

         Gerbang NAND juga disebut juga Universal Gate karena kombinasi dari rangkaian gerbang NAND dapat digunakan untuk memenuhi semua fungsi dasar gerbang logika yang lain.
  •  Gerbang NOR (Not-OR)
   
        Gerbang NOR mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya
satu sinyal keluaran. Gerbang NOR mempunyai sifat bila sinyal keluaran ingin tinggi (1) maka semua sinyal masukan harus dalam keadaan rendah (0). Jadi gerbang NOR hanya mengenal sinyal masukan yang semua bitnya bernilai nol.
  •  Gerbang XOR (Antivalen, Exclusive-OR)

        Gerbang XOR disebut juga gerbang EXCLUSIVE OR dikarenakan hanya mengenali sinyal yang memiliki bit 1 (tinggi) dalam jumlah ganjil untuk menghasilkan sinyal keluaran bernilai tinggi (1).
  •  Gerbang XNOR (Ekuivalen, Not-Exclusive-OR)
        Gerbang XNOR disebut juga gerbang Not-EXCLUSIVE-OR. Gerbang XNOR
mempunyai sifat bila sinyal keluaran ingin benilai tinggi (1) maka sinyal masukannya harus benilai genap (kedua nilai masukan harus rendah keduanya atau tinggi keduanya).
   
Oke Sob sekian dari Laporan saya,Semoga ini dapat berguna bagi para Sahabat Blogger's,Terima kasih telah mengunjungi blogsaya dan Saya juga berterima kasih pada pengarang sebenarnya yang bernama
Anjar Syafari (anjar.syafari@gmail.com)

OKE SOB JANGAN LUPA BOOKMARKS Ya...... :)
TUNGGU UPDATE SELANJUTNYA DARI SAYA....  (0.0)/ <(Bye...Bye...)

0 komentar:

Posting Komentar